PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) adalah sebuah perusahaan asuransi Indonesia. Terlahir sebagai anak perusahaan dari PT TASPEN (Persero), perusahaan ini hadir dengan mengeluarkan berbagai produk dalam hal program kesejahteraan karyawan, perencanaan hari tua, asuransi jiwa kumpulan, asuransi jiwa kredit dan program pensiun. Perusahaan di Industri Asuransi ini didukung oleh induk perusahaan Taspen (Persero).
PT Asuransi Jiwa Taspen didirikan pada tanggal 26 Februari 2014 dengan modal disetor sebesar 300 milyar rupiah, dan atas Izin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui keputusan Nomor : Kep-30/D.05/2014, tanggal 10 April 2014. Kepemilikan saham PT Asuransi Jiwa Taspen sebesar 99,97% dipegang oleh PT TASPEN (Persero) sebagai induk perusahaan, dan 0,03% saham milik koperasi karyawan Taspen.
Untuk melayani pesertanya, Taspen Life Bekerjasama dengan 53 kantor cabang PT TASPEN (Persero) seluruh Indonesia. Dari sisi produk Taspen Life memiliki banyak variasi produk guna memberikan perlindungan jiwa dan jaminan keuangan, yaitu
- Taspen Save
- Taspen Group Endowment
- Taspen Group Whole Life
- Taspen Credit Life
- Taspen Group Annuity
- Taspen Group Term Life
- Taspen Group Personal Accident.
PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) meluncurkan produk asuransi terbarunya, yakni Taspen Dwiguna Sejahtera dan Taspen Proteksi Beasiswa (Taspen Pro Beasiswa).
Taspen Pro Beasiwa, produk asuransi yang memiliki perlindungan asuransi jiwa optimal yang dapat dimanfaatkan memenuhi kebutuhan biaya pendidikan, sedangkan Taspen Dwiguna Sejahtera, produk asuransi jiwa dengan hasil pengembangan investasi optimum yang dapat dimanfaatkan sebagai tabungan hari tua saat memasuki usia pensiun.
Sebagai anak perusahaan dari PT Taspen (Persero), Taspen Life berkomitmen untuk memberikan layanan asuransi jiwa terbaik kepada seluruh pesertanya dan berkomitmen untuk menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia.
Sampai saat ini Taspen Life telah mengelola lebih dari 400 ribu peserta yang tersebar di berbagai instansi atau korporasi.
Diharapkan dengan peluncuran produk baru ini jumlah peserta asuransi Taspen Life akan semakin bertambah dan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kinerja Taspen Life.
Taspen selalu mempunyai komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta yang berjumlah 6,9 juta orang yang terdiri atas 4,5 juta orang peserta aktif dan 2,4 juta orang pensiun.
Hingga akhir semester pertama 2016 Taspen Life telah menunjukkan kinerja yang sangat positif dengan membukukan pendapatan premi sebesar Rp 174,69 miliar atau tumbuh sebesar 415 persen dibandingkan dengan pendapatan premi pada periode yang sama tahun 2015 sebesar Rp 33,9 miliar.
Selain itu, jumlah aset di akhir semester pertama 2016 adalah sebesar Rp 2,8 triliun atau tumbuh sebesar 16 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 sebesar Rp 2,4 triliun.
Peningkatan layanan Taspen juga didorong inovasi berupa layanan klaim otomatis, layanan proaktif, one day service menjadi one hour services, ditambah dengan mobil layanan Taspen, mitra layanan Taspen, dan Taspen Call Center.